Rabu, 27 Juni 2007

Alat Optik

Pada suatu malam Andi dan Ali sedang belajar bersama dirumah Andi. Tiba-tiba lampu padam dan kamar belajar menjadi gelap. Saat itu juga Ali berteriak ketakutan karena tidak bisa melihat apapun disekitarnya. Tidak lama kemudian Ibu Andi dating dengan membawa sebatang lilin yang menyala. Perlahan-lahan ruang belajar menjadi sedikit terang karena cahaya lilin dan Ali bisa melihat kembali benda-benda yang ada disekitarnya. Tahukah kalian mengapa pada saat lampu padam Ali mata tidak mampu melihat benda? Dan setelah ada cahaya menngapa benda-benda dapat terlihat oleh mata kembali. Pada bab ini kalian akan mempelajari benda-benda optik disekitar kita menggunakan prinsip kerja cahaya. Alat optik adalah alat-alat yang salah satu atau lebih komponennya menggunakan benda optik, misalnya cermin, lensa, atau prisma. Alat optik memanfaatkan prinsip pemantulan dan pembiasan cahaya.
Beberapa alat optik antara lain kamera, lup, mikroskop, teleskop, proyektor, dan episkop.

1. Kamera
Apakah kamera? Bagaimana prinsip kerja kamera?
Untuk mengetahui kerja kamera, perhatikan bagian-bagian utama dari kamera.
Order gambar kamera dan pembenmtukan bayangan pada kamera


Aperture berfungsi mengatur diafragama, sedangkan diafragma berfungsi mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke kamera.
Pada kamera terdapat sebuah lensa cembung untuk membiaskan sinar dari benda himgga bayangan jatuh di film sebagai layer. Benda yang akan dipotret ditempatkan pada jarak lebih besar dari 2f (2 kali jarak titik api) di depan lensa. Ingatkah di mana bayangan benda akan didapatkan dan bagaimana sifat-sifat bayangan itu?
Tentu saja bayangan akan jatuh antara f dan 2f yang memiliki sifat diperkecil, nyata, dan terbalik.
Bagaimanakah kesamaannya dengan mata?
Prinsip kerja kamera dan mata adalah sama. Apabila mata melihat benda, sinar dari benda yang masuk ke mata dibiaskan lensa mata. Bayangan jatuh di layer mata atau retina. Sifat bayangan yang terjadi nyata, diperkecil, dan terbalik.
Tersusun dari apakah pelat film itu? Pelat film berupa selluloid. Pelat itu dilapisi perak bromide dan sangat peka terhadap cahaya. Apabila bayangan objek mengenai pelat film akan tercetak sebagai gambar negative. Setelah proses pencucian, film dapat dicetak sebagai gambar positif pada kertas foto.

2. Mata
a. Lensa Mata sebagai Alat Optik
Mengapa mata dikatakan sebagai alat optik? Untuk menjawab pertanyaan itu, perhatikan Gambar….
Order gambar mata indara penglihatan dan bagian-bagiannya

Bentuk mata menyerupai bola. Pada bola mata terdapat benda bening yang disebut lensa mata. Lensa mata bersifat tembus cahaya.Apa jenis lensa mata? Apa pula fungsi lensa mata itu? Lensa mata berupa lensa cembung. Lensa mata memiliki fungsi membiaskan sinar-sinar yang datang ke mata. Dengan demikian, bayangan benda dapat tepat jatuh di retina mata. Jadi, mata memiliki fungsi seperti pada kamera. Oleh karena itu, mata disebut alat optik.
b. Proses Terjadinya Bayangan pada Retina
Apakah fungsi pupil, retina, dan bintik kuning? Bagaimana proses melihat benda itu terjadi? Pupil adalah bagian mata yang berfungsi mengatur besar kecilnya cahaya yang masuk ke bola mata. Retina adalah selaput tipis di bagian belakang bola mata. Lapisan itu paling banyak mengandung saraf penglihatan. Fovea atau bintik kuning adalah bagian retina, tempat berkumpulnya ujing-ujung saraf penglihatan sehingga paling peka terhadap rangsang (impuls) cahaya.
Syarat kita dapat melihat benda adalah harus ada cayaha. Cahaya dapat berasal langsung dari sumber cahaya atau berasal dari cahaya yang dipantulkan oleh benda-benda yang ada di sekeliling kita. Cahaya masuk menembus kornea, terus melewati lensa mata, dan akhirnya sampai ke retina. Bayangan benda jatuh tepat di bintik kuning, bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Bayangan itu merupakan rangsangan atau informasi yang dibawa oleh syaraf penglihatan menuju pusat syaraf penglihatan di otak. Di otak, rangsangan ditafsirkan dan barulah kemudian kita mendapat kesan melihat benda.
Apakah kesamaan antara kamera dan mata? Kesamaan antara kamera dan mata
Order gambar bayangan benda jatuh di retina mata

Adalah cara kerja lensa kamera dan lensa mata dalam membentuk bayangan. Keduanya sama-sama memiliki sifat nyata, terbalik, dan diperkecil. Namun apabila diteliti lebih lanjut, ada beberapa perbedaan sebagai berikut.
Tabel Perbedaan Antara Kamera Dan Mata
Pembeda
Kamera
Mata
Cara memfokuskan bayangan
Alat pengatur cahaya
Tempat jatuhnya bayangan
Memaju-mundurkan lensa kamera
Diafragma
Pelat film
Lensa mata berakomodasi
Pupil
Selaput retina

Bagaimanakah cara lensa mata mengatur agar bayangan benda tepat jatuh di retina?
Lensa mata mengatur penyesuaian terhadap jarak benda dengan jalan mengatur cembung dan pipihnya lensa sehingga bayangan jatuh di retina. Proses itu disebut berakomodasi. Apabila jarak benda sangat dekat, lensa akan mencembung. Sebaliknya, apabila jarak benda jauh, lensa mata akan memipih.
Lensa mata dalam keadaan secembung-cembungnya, dikatakan berakomodasi maksimum. Sebaliknya, lensa mata dalam keadaan sepipih-pipihnya, dikatakan berakomodasi minimum atau tidak berakomodasi.
c. Batasan Penglihatan
Apakah ada batasannya penglihatan mata itu? Penglihatan mata berada antara titik dekat dan titik jauh.
1) Titik dekat(punctum proximum), adalah titik terdekat yang masih dapat dilihat dengan jelas apabila lensa mata berakomodasi maksimum atau lensa mata secembung-cembungnya. Perhatikan Gambar
Order gambar punctum proximum pada mata


Pada waktu berakomodasi maksimum, oto-otot silliaris atau otot-otot lensa mata bekerja sekuat-kuatnya agar lensa mata dalam keadaan secembung-cembungnya. Keadaan seperti itu menyebabkan kelelahan mata. Daya akomodasi maksimum pun terbatas. Semakin dekat benda dengan mata, semakin kuat lensa mata harus dicembungkan, sampai suatu saat tidak mampu lagi untuk dicembungkan. Hal itu terjadi apabila bendanya berada di titik dekat. Apabila bendanya didekatkan lagi melewati batas titik dekat, penglihatan kita akan semakin kabur.
Kemampuan otot-otot lensa mata untuk bekerja dipengaruhi usia seseorang. Pada usia anak-anak otot lensa mata sangat kuat untuk mencembungkan lensa mata. Oleh karena itu, anak-anak mampu melihat benda-benda yang sangat dekat jaraknya. Pada orang dewasa otot-otot lendsa matanya semakin lemah sehingga jarak punctum proximumnya makin jauh.
Pada mata emetrop atau mata normal anak-anak, jarak punctum proximumnya antara 10 cm sampai 15 cm, sedangkan pada orang dewasa antara 20 cm sampai 30 cm.
2) Titik jauh (punctum remotum), adalah titik terjauh yang masih dapat dilihat jelas oleh mata tanpa berakomodasi. Perhatikan gambar berikut.
Order gambar punctum remotum pada mata

Pada waktu lensa mata tidak berakomodasi (dalam keadaan sepipih-pipihnya), berkas-berkas sinar sejajar berkumpul di retina. Keadaan ini terjadi jika mata sedanng beristirahat atau mata melihat benda yang letaknya jauh sekali. Oleh karena itu punctum remotum mata normal berada di tempat yang jauh tak terhingga.

d. Cacat Mata
Apakah kalian tau bagaimanakah cacat mata itu dan apakah sebenarnya cacat mata itu? Apakah kalian pernah mengalami ganguan pada penglihatan kalian? Gangguan ini terjadi kemungkinan karena menurunnya daya akomodasi, tidak meratanya kelengkungan lensa mata, dan terjadinya pengapuran pada lapisan kornea. Mata yang sudah mengalami kelainan ini disebut cacat mata.
Bagaimana agar orang yang menderita cacat mata dapat melihat benda secara normal kembali? Jawabannya adalah penderita cacat mata harus dibantu dengan menggunakan kaca mata. Kaca mata apakah yang tepat untuk penderita yang tidak dapat melihat benda pada jarak dekat, atau sebaliknya tidak dapat melihat benda pada jarak yang jauh?
MIOP (Rabun Jauh)
Pernahkan kalian bertemu dengan orang yang tidak dapat meelihat benda-benda yang letaknya jauh? Miop terjadi karena letak punctum remotum dan puctum proximumnya bergeser mendekati mata, lebih dekat dari pada mata normal. Hal ini terjadi karena bentuk bola mata terlalu lonjong ke belakang sehingga berkas-berkas cahaya sejajar sumbu utama berasal dari punctum remotum. Jika tidak berakomodasi, berkas cahaya itu akan mengumpul di suatu titik di depan retina.
Gambar mata miopPerhatikan gambar



Bagaimana agar berkas cahaya mengumpul tepat di retina? Kalian ingat bahwa lensa cekung berfungsi memancarkan cahaya sehingga berkas cahaya yang melewati bidang lensa mata lebih besar, sehingga titik potong sinar biasnya tidak didepan retina lagi tetapi mundur tepat di retina. Oleh sebab itu penderita miop harus menggunakan kaca mata negative (lensa cekung).
Hipermotropi (Rabun dekat)
Gambar mata hipermetrop Hipermetrop adalah cacat mata yang tidak dapat melihat benda-benda yang letaknya dekat. Orang yang menderita hipermiop mempunyai bentuk bola mata terlalu pendek atau lensa mata terlalu pipih, sehingga berkas vahaya sejajar sumbu utama. Pada penderita ini letak punctum proximum bergeser menjauhi mata. Jika mata tidak berakomodasi, berkas cahaya itu akan mengumpul di suatu titik di belakang retina. Perhatikan gambar berikut.


Bagaimana agar berkas cahaya dapat dikumpulkan kembali tepat di retina? Pada bab cahaya kalian sudah mempelajari bahwa sifat lensa cembung berfungsi konvergen atau mengumpulkan berkas cahaya. Sehingga berkas cahaya akan sejajar sumbu utama dan akan melewati bidang lensa mata lebih sempit. Akibatnya titik potong sinar biasnya tidak lagi berpotongan di belakang lensa, tetapi maju tepat di retina. Oleh sebab itu penderita hipermiop dapat ditolong dengan kaca mata positif.
Presbiop (mata tua)
Apakah kalian masih mempunyai nenek dan kakek? Usia mereka sudah sangat tua dan kekuatan mata mereka akan semakin melemah tidak seperti waktu mereka masih muda. Apakah kalian tahu jenis cacat mata yang diderita kakek dan nenek kalian?
Orang-orang yang sudah lanjut usia mengalami gangguan penglihatan terhadap benda-benda yang letaknya dekat maupun terlalu jauh. Sebenarnya gangguan ini bukan masuk golongan cacat mata. Pada usia tua, otot-otot lensa mata telah mengendur sehingga daya akomodasinya berkurang. Jarak bacanya tidak lagi 25 cm seperti halnya pada mata normal, tetapi lebih jauh lagi. Biasanya orang yang sudah tua membaca tulisan dengan dijauhkan dari matanya.
Penderita prebiop dapat ditolonng dengan kaca mata berlensa rangkap, yaitu lensa cembung dan lensa cekung dalam satu lensa. Bagian atas cekung untuk melihat benda yang jauh dan bagian bawah cembung untuk membaca.
3. Alat-Alat Optik Lain
Cobalah kalian sebutkan alat-alat apasaja disekitar kalian yang termasuk alat optik? Biasanya alat alat optik yang ada diciptakan oleh manusia untuk membantu kerja mereka. Seperti lup (kaca pembesar), mikroskop, teleskop, dan proyektor.
Lup atau kaca pembesar
Lup adalah
Lensa positif yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang kecil agar tampak lebih besar dan lebih jelas. Alat ini biasa digunakan oleh tukang arloji pada waktu mereparasi kerusakan jam tangan. Perajin perhiasan emas dan perak juga menggunakan alat ini untuk memperoleh hasil yang lebih baik.
Cara menggunkan lup adalah sebagai berikut.
1) Untuk mata berakomodasi maksimum, benda diletakkan diantara F dan O atau ajarak benda (so) selalu lebih kecil daripada jarak titik api (f).
2) Untuk mata tidak berakomodasi, benda diletakkan tepat pada titik api (f) atau jarak benda (so) sama dengan jarak titik api lup (f).
Jika mata berakomodasi maksimum, jarak bayangan benda di titik dekat punctum proximum atau pada jarak baca normal adalah 25 cm. Bayangan yang terjadi maya, si = -25 cm maka berdasarkan persamaan pada lensa:
Persamaan perbesaran lup



Mikroskop
Apakah kalian pernah menggunakan mikroskop? Tentunya kalian pernah melihat mikroskop bahkan pernah menggunakannya. Cobalah kalian pergi ke laboratorium IPA sekolah kalian, disana akan ada mikroskop. Mikroskop adalah alat optik untuk mengamati benda-benda sangat kecil (micron), seperti bakteri dan kuman.perhatikan gambar mikroskop berikut ini.
Order gambar mikroskop

Mikroskop terdiri atas dua lensa positif, yaitu yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Lensa objektif berada di dekat objek sedangkan lensa okuler berada di depan mata pengamat. Jarak titik api lenmsa okuler lebih panjang dari pada lensa objektif. Bagaimanakah pembentukan bayangan oleh mikroskop?
1) Lensa objektif berfungsi untuk membentuk bayangan sejati, terbalik dan diperbesar dari benda yang diamati. Bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif dianggap benda bagi lensa okuler.
2) Lensa okuler berfungsi membentuk bayangan maya, tegak dan diuperbesar.
Rumus Perbesaran mikroskop

Keterangan :
siob = jarak bayangan dari lensa objektif
soob = jarak benda dari lensa objek
siok = jarak bayangan dari lensa okuler
sook = jarak benda dari lensa okuler
hiob = tinggi bayangan yang dibentuk lensa objektif
hoob = tinggi benda yang didepan lensa objektif
hiok = tinggi bayangan yang dibentuk lensa okuler
hook = tinggi benda yang didepan lensa okuler
n = jarak puctum proximum
D = jarak lensa objektif dan lensa okuler
Sook = D - siob
Mob = perbesaran lensa objektif
Mok = perbesaran lensa okuler
M = perbesaran mikroskop
Teleskop
Apakah kalian pernah melihat teleskop? Teleskop berkebalikan dengan lup dan mikroskop. Lup dan mikroskop berfungsi untuk mengamati benda-benda yang letaknya dekat. Sedangkan teleskop atau teropong adalah alat optik yang untuk mengamati benda-benda yang jauh jaraknya agar tampak lebih dekat dan jelas. Teleskop atau teropong dibedakan menjadi dua yaitu teropong bintang dan teropong bumi.
1) Teropong Bintang
Jika langit pada malam hari tidak tertutup awan, kalian dapat menikmati taburan bintang yang beribu-ribu jumlahnya. Bintang dilangit tampak kecil dan hanya berkelap kelip jika diamati dari bumi dengan mata telanjang. Dengan teropong bintang kalian dapat melihat benda-benda angkasa yang lain seperti bintang, bulan, dan planet dengan ukuran yang lebih besar. Ada dua jenis teropong bintang.
a) Teropong Bias
Teropong ini terdiri dari dua lensa positif yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Karena benda yang diamati berada di tempat yang sangat jauh, berkas sinar yangn melewati lensa objektif adalah berkas sinar sejajar. Bayangan yang dibentuk oleh lensa objektif ialah nyata, terbalik, diperkecil dan terletak dititik apinya. Kedudukan lensa okuler dapat diatur sedemikian rupa (digerakkan maju mundur) agar benda tadi berada di titik api lensa okuler atau Fob dan Fok berimpit. Dengan demikian akan terbentuk bayangan maya, terbalik, diperbesar, dan di tempat yang jauh tak terhingga, sehingga mata pengamat tidak perlu berakomodasi dan tidak cepat lelah.
b) Teropong Pantul
Teropong pantul terdiri dari cermin cekung yang berfungsi sebagai lensa objektif dan cermin datar sebagai reflector atau pemantul, serta sebuah lensa cembung sebagai lensa okuler.
2) Teropong Bumi
Benda-benda yang berada di darat dan di laut yang jauh letaknya agar tampak lebih dekat dan jelas digunakan alat optik teropong bumi. Ada dua jenis teropong bumi.
a) Teropong Bias
Teropong bumi jenis teropong bias terdiri dari tiga lensa positif, yaitu lensa objektif, lensa pembalik dan lensa okuler. Lensa pembalik terdiri dari lensa objektif dan lensa okuler. Jenis teropong ini berukuran terlalu panjang sehingga kurang praktis pemakaiannya. Bayangan yang dibentuk lensa pembalik merupakan benda bagi lensa okuler yang selanjutnya membentuk bayangan maya, tegak, dan diperbesar.
b) Teropong Prisma
(1) Teroponng binokuler
Teropong binokuler menggunakan dua buah prisma siku-siku sama kaki untuk menggantikan fungsi lensa pembalik. Teropong ini disebut teropong binokuler karena menggunakan dua buah lensa okuler. Kesan bayangan yang diperoleh adalah sebagai bayangan tiga dimensi.
(2) Periskop
Alat ini biasa dipasang pada kapal selam untuk mengamati benda-benda di dipermukaan laut. Periskop menggunakan dua lensa positif sebagai lensa objektif dan lensa okuler, serta dua buah prisma siku-siku sama kaki sebagai reflector. Berkas cahaya yang berasal dari benda-benda dipermukaan laut setelah melewati lensa objektif dipantulkan sempurna oleh sisi-sisi miring kedua prisma.
Proyektor
Order gambar proyektor
Proyektor adalah alat optik yang digunakan untuk memproyeksikan gambar pada sebidang layer. Berdasarkan jenis gambar proyektor dibedakan dua.
1) Diaskop
Diaskop adalah alat yang digunakan untuk memproyeksikan bayangan nyata dari sebuah gambar diapositif, yaitu gambar yang tembus cahaya. Proyektor yang termasuk jenis diaskop adalah :
a) Proyektor film
Digunakan untuk memproyeksikan gambar tembus pandang. Gambar yang sati dengan yang lainnya merupakan gambar mati dan terputus-putus, kemudian diputar 16 gambat tiap detik dengan kecepatan tinggi maka kesan yang ditangkap oleh mata adalah gambar hidup. Seperti halnya jika ujung sebuah lidi yang dibakar dikibas-kibaskan dalam ruang gelap, akan tampak garis cahaya bukan titik cahaya. Kesan demikian sebagai efek bayangan iring.
b) Slide proyektor
Proyektor ini memproyeksikan slide (film) satu demi satu ke sebidang layer. Film yang diproyeksikan ke layer berupa deretan gambar diapositif yang digulunng dalam roll film. Bagian slide proyektor adalah sebagai berikut.
(1) Lampu proyektor merupakan bagian utama yang sangat kuat memancarkan cahaya.
(2) Cermin cekung, berfungsi mengumpulkan cahaya agar daya pancar sinar proyektor lebih kuat.
(3) Kondensor, berupa dua buah lensa cembung-datar yang disusun bertolak belakang, berfungsi agar sinar jatuh ke slide merata ke seluruh permukaan.
(4) Filter, berfungsi melindungi slide dari panas yang dihasilkan lampu proyektor.
(5) Lensa proyektor, berupa lensa cembung yang berfungsi sebagai pembalik. Oleh karena itu untuk memperoleh bayangan tegak di layer, slide harus dipasang terbalik. Jadi bayangan yang dihasilkan proyektor adalah nyata, terbalik, dan diperbesar.
c) Overhead proyektor (OHP)
OHP adalah banyak digunakan untuk media pendidikan di sekolah atau rapat-rapat dikantor. Bagian OHP sama seperti slide proyektor yaitu dua buah cermin datar untuk memantulkan cahaya dan dua buah lensa cembung untuk lensa proyektor. Gambar diapositifnya dapat berupa selembar plastic ukuran folio yang dgambari dengan tinta spidol.
2) Episkop
Gambar-gambar yang tidak tembus cahaya diproyeksikan dengan episkop. Biasanya digunakan oleh seniman lukis untuk memproduksi lukisan. Misalnya untuk membuat gambar pada billboard atau papan reklame.alat yang dapat dipakai, baik untuk episkop maupun diaskop dinamakan epidiaskop.


Rangkuman
alat optic dibuat berdasarkan pemantulan dan pembiasan cahaya.
kamera mempunyai prinsip kerja seperti mata manusia.
Mata normal mempunyai titik dekat sekitar 25 cm dan titik jauh tak terhingga.
Cacat mata dapat dibedakan menjadi tiga yaitu miop, hipermiop, dan presbiop.
Contoh alat optic sederhana antara lain lup, mikroskop, teropong bintang.

Soal-soal
Sebuah kamera menggunakan lensa ….
a. cembung
b. cembung-cekung
c. cekung-rangkap
d. cekung-cembung
Bayangan objek yang terbentuk pada film bersifat ….
a. nyata, terbalik, dan diperbesar
b. nyata, terbalik, dan diperkecil
c. maya, tegak, dan diperkecil
d. maya, tegak, dan diperbesar.
Daya akomodasi adalah ….
a. kemampuan lensa untuk menangkap benda di tempat jauh tak terhingga
b. melebar dan menyempitnya pupil untuk mengatur pencahayaan
c. kemampuan lensa mata untuk mencembung dan memipih
d. gerak maju mundurnya lensa kamera
kita mendapat kesan melihat benda apabila bayangan jatuh pada bagian ….
a. kornea
b. retina
c. pupil
d. lemsa mata
Berikut ini adalah pernyataan mengenai kamera dan mata.
i. bayangan difokuskan dengan cara memaju-mundurkan lensa
ii. bayangan difokuskan dengan cara memipih-tebalkan lensa
iii. intensitas cahaya masuk diatur oleh diafragma
iv. intensitas cahaya diatur oleh pupil
Pernyataan yang benar mengenai kamera adalah ….
a. i dan iv
b. i dan iii
c. ii dan iii
d. ii dan iv
Punctum proximum orang dewasa dengan mata normal adalah antara ….
a. 10 sampain 15 cm
b. 15 sampai 20 cm
c. 20 sampai 30 cm
d. di tempat jauh tak terhingga
Punctum remotum mata seseorang berada di tempat jauh tak terhingga. Hal ini terjadi pada ….
a. mata emetrop
b. mata miop
c. mata hipermiop
d. mata presbiop
jika berkas sinar sejajar berkumpul di depan retina, terjadi pada penderita ….
a. miop
b. hipermetrop
c. presbiop
d. astigmatis
Agar bayangan jatuh di retina, cacat mata seperti tersebut pada nomor 8 diatas dapat ditolong dengan kacamata berlensa ….
a. negative
b. positif
c. rangkap
d. silindris
Seseorang apabila membca harus lebih jauh dari jarak baca normal adalah penderita ….
a. miop
b. hipermetrop
c. presbiop
d. munngkin hipermetrop, mungkin presbiop
Lensa rangkap dipakai untuk menolonng penderita ….
a. miop
b. hipermiop
c. presbiop
d. astigmatis
A
B
D
CPerhatikan gambar berikut.
Pernyataan manakah yang benar?
a. AB lebih panjang daripada CD
b. CD lebih panjang daripada AB
c. AB sama panjang dengan BC
d. Garis AB dan CD tampak tidak sejajar.
Perbesaran lup dengan mata berakomodasi maksimum dapat dicari dengan persamaan ….
a. M = n/f
b. M = n/f + 1
c. n/f – 1
d. M = n+1/f
Memakai lup yang benmar agar mata tidak cepat lelah yaitu benda yang diamati diletakkan ….
a. di antara F – O
b. tepat di titik F
c. diantara F dan 2F
d. tepat di titik 2F
Bayangan yang dibentuk oelh lup adalah ….
a. maya, trgak, diperbesar
b. maya tegak diperkecil
c. nyata tegak diperbesar
d. nyata terbalik, diperbesar
Seseorang dengan mata normal mempunyai jarak punctum proximum 25 cm. ia mengamati sebuah benda dengan lup yang jarak titik apinya 10 cm. apabila mata berakomodasi maksimum, perbesarannya adalah ….
a. 0,4 kali
b. 2, 5 kali
c. 3,5 kali
d. 250 kali
Pada kmikroskop lensa yang letaknya dekat dengan pengamat disebut ….
a. lensa objektif
b. lensa okuler
c. lensa negative
d. lup
alat optik berikut ini tidak mempunyai lensa objektif dan lensa okuler, adalah ….
a. kamera
b. teropong bintang
c. teropong bumi
d. mikroskop
Alat optik ini dilengkapi dengan lensa positif yangn berfungsi sebagai pembalik, yaitu ….
a. teropong bintang
b. teropongn bumi
c. mikroskop
d. diaskop
Prisma pembalik terdapat pada alat-alat optik ….
a. teroponng bintang dan mikroskop
b. teropong bintangn dan tteropong bumi
c. teropong bumi dan periskop
d. periskop dan mikroskop
Lensa okuler teropong bintang terbentuk bayangan ….
a. nayta. Diperbesar dan titik api lensa utama lensa objektif
b. nyata, diperbesar dan titik api lensa utama lensa okuler
c. maya, diperbesar dan di tempat jauh tak terhingga
d. maya, diperkecil, dan di tempat jauh tak terhingga
Proyektor yang banyak digunakan sebagai media pendidikan adalah ….
a. episkop
b. overhead proyektor
c. periskop
d. diaskop
Untuk memproyeksikan gambar-gambar tidak tembus cahaya digunakan ….
a. episkop
b. overhead prtoyektor
c. periskop
d. diaskop
Teropong yang dipasang di kapal selam dan digunakan untuk mengmati benda-benda dipermukaan laut adalah ….
a. teropong binokiler
b. teropong reflector/pantul
c. periskop
d. diaskop
Secara umum, proyektor yang digunakan untuk memproyeksikan gambar-gambar tembus cahaya dinamakan ….
a. diaskop
b. eoiskop
c. periskop
d. teleskop
Essay
1. Apakah yang dimaksud dengan daya akomodasi mata?
2. seseorang mempunyai titik dekat 15 cm. baghaimana agar ia dapat membaca normal?
3. Mengapa benda yang akan dipotret harus diletakkan di ruanng tiga lensa kamera?
4. mengapa benda yang dilihat dengan lup tampak lebih besar?
5. bagaimana sifat bayangan yang dilihat dengan mikroskop?
6.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

Menurut saya situs seperti ini sangat membantu kami,dari para pelajar untuk memahami pelajaran-pelajaran sekolah.
selain itu kita juga mendapatkan informasi & pengetahuan yang tidak didapatkan disekolah

jingga chabee mengatakan...

Wah,,seru nih ada blog kyk gini...
jd gampang klu ada tgs bikin makalah

arek_peradabans mengatakan...

wah, seru juga ad blog kayak gini...
Q jd lbh gampang klo mau ngerjakan tugas kyk bikin makala...
sebelumnya Q pusing banget,, cz Q nyari di situs terbaik Dunia tapi g ad...

Anonim mengatakan...

kepanjangan mas...

Vinda Damaratri mengatakan...

soal tentang teropong pantul nggak ada ?

Anonim mengatakan...

guelph online dating http://loveepicentre.com/articles.php free overweight dating

Anonim mengatakan...

westminster waterfalls ebook realtor http://audiobooksplanet.co.uk/El-presupuesto-comunitario-problemas-presentes-y-retos-futuros/p222808/ ebook rights uk [url=http://audiobooksplanet.co.uk/es/The-Boosh/p18083/]virus and the vaccine ebook[/url] vibration roulette ebook download

Anonim mengatakan...

accounting free online software http://buyoem.co.uk/product-14175/MixVibes-DVS-6-3 dvd creation software [url=http://buyoem.co.uk/product-36747/7-PDF-Split-and-Merge-2-0-Portable]computer processor temp software[/url] word finding software
[url=http://buyoem.co.uk/product-21301/SQLEditor-Mac]SQLEditor [Mac] - Download OEM, Software Sale, OEM Software[/url] panasonic pv-gs14 software
[url=http://buyoem.co.uk/category-3/Graphics-and-Publishing?page=6][img]http://buyoem.co.uk/image/5.gif[/img][/url]

Anonim mengatakan...

[url=http://certifiedpharmacy.co.uk/products/fludac.htm][img]http://onlinemedistore.com/3.jpg[/img][/url]
freds pharmacy http://certifiedpharmacy.co.uk/products/isoptin.htm nevada pharmacy technician schools [url=http://certifiedpharmacy.co.uk/products/differin.htm]kentwood pharmacy violations or complaints[/url]
rite pharmacy http://certifiedpharmacy.co.uk/products/zyprexa.htm canadian pharmacy alemania [url=http://certifiedpharmacy.co.uk/products/ceftin.htm]ceftin[/url]
iran pharmacy http://certifiedpharmacy.co.uk/products/premarin.htm best online pharmacy generic zantac generic meredi [url=http://certifiedpharmacy.co.uk/products/luvox.htm]discount pharmacy paxil[/url]
pharmacy floorplans http://certifiedpharmacy.co.uk/products/imitrex.htm wegmans pharmacy [url=http://certifiedpharmacy.co.uk/products/medrol.htm]medrol[/url]

Anonim mengatakan...

[url=http://englandpharmacy.co.uk/products/isoptin.htm][img]http://onlinemedistore.com/1.jpg[/img][/url]
pharmacy career http://englandpharmacy.co.uk/products/dilantin.htm international pharmacy guide [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/prednisone.htm]online pharmacy com[/url]
onlin3 pharmacy ratings http://englandpharmacy.co.uk/products/zovirax.htm walmart on line pharmacy [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/zyloprim.htm]zyloprim[/url]
pharmacy technician school florida http://englandpharmacy.co.uk/products/prevacid.htm marian pharmacy 2005 misr international university [url=http://englandpharmacy.co.uk/categories/sleeping-aid.htm]pharmacy price comparisons[/url]
cvs online pharmacy http://englandpharmacy.co.uk/products/norvasc.htm cvs pharmacy san antonio tx [url=http://englandpharmacy.co.uk/products/cytotec.htm]cytotec[/url]

Anonim mengatakan...

blu-ray disc player software http://downloadoemsoftware.co.uk/es/latest-products?page=2 accounting directory free software [url=http://downloadoemsoftware.co.uk/es/product-36775/Remo-Recover-Windows-3-0]blackberry 7290 handheld software[/url] best free firewall software
[url=http://downloadoemsoftware.co.uk/product-35979/Altostorm-Panorama-Corrector-2-0-for-Adobe-Photoshop]Altostorm Panorama Corrector 2.0 for Adobe Photoshop - Software Store[/url] orinoco gold software
[url=http://downloadoemsoftware.co.uk/de/product-37206/MemTurbo-4-1][img]http://buyoem.co.uk/image/1.gif[/img][/url]

Anonim mengatakan...

5bn of this auto insurance companies should be of particular importance to single parents and single people.
And the recipient says, I am 47years old, 5. Mr Wheatley also said that the class certification for Union Bank customers could
set a precedent for class-action suits across the board.
However, you should discover what the company's training plan auto insurance companies looks like-how long it takes your skin 10 minutes to burn without sunscreen, it would be understandable.

Visit my weblog - http://multicarinsurancequotes.org

Anonim mengatakan...

I had seen only on kaya skin lightening reviews the front lawn had reached a kind of enriched peanut butter.
Dr R Hunte and Adam E.

Take a look at my web page: natural Skin bleaching recipes

Anonim mengatakan...

who is amber rose dating http://loveepicentre.com are nikki and zach efron dating
gamers dating [url=http://loveepicentre.com/testimonials/]ryan sheckler and keke palmer dating[/url] christian dating web sites
selective search dating service [url=http://loveepicentre.com/faq/]dating a swiss[/url] magazine dating sexy [url=http://loveepicentre.com/user/fruta1/]fruta1[/url] old women younger men dating websites

betasewa mengatakan...

wah banyak sekali yang komentar tentang proyektor ini ya
Sewa Proyektor Pekanbaru