Rabu, 27 Juni 2007

Proposal Agus

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSEP DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI RADIOAKTIVITAS
Oleh:
AGUS AHMADI

Gagasan utama yang mendasari penelitian adalah untuk menemukan alternatif model pembelajaran fisika di SMA, yang dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dan keterampilan berpikir kritis. Munculnya ide ini karena materi radioaktivitas adalah suatu materi yang abstrak pada fisika modern, dan ditambah lagi dengan adanya kenyataan dilapangan yang menunjukkan masih banyak guru yang mengajarkan fisika modern hanya untuk mencapai target kurikulum saja, tanpa mempertimbangkan pemahaman konsep dan keterampilan lain yang harus dimiliki siswa.
Penelitian ini bersifat eksperimen, yang dilakukan terhadap sebagian siswa kelas II suatu SMA. Sampel penelitian terdiri dari 74 orang yang terdiri dari 37 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol, yang ditentukan secara purposive artinya diambil dengan tujuan tertentu, agar kegiatan praktikum dapat dilakukan di dalam kelas. Data penelitian diperoleh dengan melalui tes awal, tes akhir, kuesioner dan wawancara.

Tidak ada komentar: