Rabu, 27 Juni 2007

Ayo Kerjakan

Hasil Eksperimen Franck – Hertz tentang potensial kritis dalam uap air raksa dapat dijelaskan dari grafik hubungan antara potensial pemercepat V dengan arus keping I (grafik dibawah). Jelaskan secara kualitatif makna dari grafik tersebut dan jelaskan pula mengapa hasil Eksperimen Franck – Hertz dapat membuktikan gagasan dasar Bohr? (30 point)

Cari jari-jari inti aluminium berdasarkan data eksperimen sebagai berikut:
Suatu hari di tahun 1911, di dalam sebuah laboratorium, Geiger bersama Mersden menguji hipotesa Rutherford mengenai model nuklir atom. Bahan dasar eksperimen berupa selembar aluminium yang kemudian ditembaki dengan berkas partikel a yang mempunyai energi kinetik 8,3 MeV. Mereka memperoleh data bahwa pada sudut hamburan dibawah atau sama dengan 60o, hamburannya masih taat terhadap asas Rutherford, di atas sudut tersebut ternyata rumus hamburan Rutherford sudah tidak berlaku lagi (jari-jari partikel a dianggap kecil, dan boleh diabaikan). (35 point)

Jelaskan secara kuantitatif mengapa tritium yang merupakan inti isotop Hidrogen tidak dapat ditafsirkan timbul dari kehadiran 3 buah proton dan dua buah elektron yang mengakibatkan orientasi spin tritium menjadi 2½, atau ½ ! (35 point)

Tidak ada komentar: