Rabu, 27 Juni 2007

PTK

APAKAH PTK ITU ?

PTK adalah sebuah penelitian yang dilakukan guru di kelasnya sendiri dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan memperbaiki kinerjanya sebagai guru shg hasil belajar meningkat.
Karakteristik PTK:
1. Masalah berawal dari guru
2. Tujuannya memperbaiki pembelajaran
3. Metode utama adalah refleksi diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian.
4. Fokus penelitian berupa kegiatan pembelajaran.
5. Guru bertindak sebagai pengajar dan peneliti.
Mengapa guru dianggap paling tepat untuk melakukan PTK?
1. Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya.
2. Temuan penelitian tradisionel sering sukar diterapkan untuk memperbaiaki pembelajaran.
3. Guru merupakan orang yang paling akrap dengan kelasnya.
4. Interaksi guru siswa berlangsung secara unik.
5. Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melaksanakan PTK di kelasnya.
Manfaat PTK bagi guru:
1. Memperbaiki guru memperbaiki mutu pembelajaran
2. Meningkatkan profesionalisme guru
3. Meningkatkan rasa percaya diri guru
4. Memungkinkan guru secra aktif mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.

Keterbatasan PTK:
1. Validitas yang sering disangsikan.
2. Tidak mungkin melaksanakan generalisasi, karena sampel sangat terbatas.
3. Perak guru yang bertindak sebagai pengajar dan sekligur peneliti sering membuat sangat repot.
R1
L1
M1
L2
R2
M2
L3
R3
M3
Keterangan:
M: Merencanakan
L : Melaksanakan
R : Reflekesi

GAMBAR SIKLUS PTK










BAGAIMANA MERENCANAKAN PTK?
a. Mengidentifikasi dan menetapkan masalah
b. Menganalisis dan merumuskan masalah
c. Merencanakan tindakan
d. Merefleksi
SELAMAT MERENUNGKAN DAN MENCOBA

Tidak ada komentar: